Waspadai Penyakit Kista bisa Menyebabkan Kemandulan

Anda sering mengeluh karena rasa nyeri di area perut hingga menjalar ke bagian perut bagian bawah. Mungkinkah anda sedang mengalami peregangan jaringan akibat pembesaran kista? Apa itu kista, bahayakah untuk kesehatan anda?

Wajar jika anda bertanya tanya dengan hal tersebut. Apalagi banyak penyebaran mitos seputar kista di masyarakat yang belum mendapatkan penjelasan ilmiah. Di dalam artikel ini akan dibahas tentang kista sebagai penyakit yang selalu dihubung-hubungkan dengan kemandulan.

Apakah Kista Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita?

Kista yang dibiarkan tanpa penanganan medis akan berbahaya kepada kesehatan reproduksi wanita. Penyakit ini tidak pandang bulu menyerang siapa saja dalam kategori umur. Pada umumnya menyerang wanita dalam ketegori umur 20-30.

Kista yang dibiarkan penyebarannya akan mengganggu kesehatan anda terutama pada sistem hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi anda. Jika dibiarkan berlarut larut akan beresiko terserang kanker endometrial, tekanan darah tinggi, beresiko terserang diabetes dan kanker payudara.

Pada penderita yang sudah parah akan menimbulkan kemandulan, hal ini disebkan karena ketidakmampuan menyalurkan sel telur dengan baik. Selain itu, ada beberapa masalah lain yang menyebabkan wanita sulit mendapatkan momongan seperti adanya kegagalan ovulasi yang disebabkan karena pengangkatan kista yang dilakukan berulang-ulang. Operasi berulang-ulang akan menyebabkan ovarium rusak dan adanya infeksi pada folikel yang tidak matang.

Ada baiknya anda melakukan pencegahan dengan memperbaiki pola makan, sehingga anda bisa mengkonsumsi makanan sehat mengandung serat dan rendah lemak. Kandungan makanan dengan tinggi lemak akan menyebabkan terganggunya hormon anda.

Menjaga psikologis, karena hormon tergantung pada tingkat kesehatan pikiran anda. Pencegahan selanjutnya dapat anda lakukan dengan menghindari rokok dan lakukan olahraga rutin. Dengan demikian penyakit kista, tidak menyerang anda. baca juga : obat kista alami

Berdasarkan keganasan penyebaran dan kerusakan kista dibagikan menjadi dua yaitu ;

Kista Non-neoplastik

  • Bersifat jinak.
  • Benjolan mengepis dan hilang sendiri.
  • Tidak memerlukan operasi karena biasanya dalam waktu 2-3 bulan dapat sembuh.

Kista Neoplastik

  • Bersifat berbahaya.
  • Memerlukan tindakan operasi.
  • Operasi dilakukan sesuai dengan ukuran benjolan yang terdapat pada indung telur.

Biasanya penderita kista mengalami riwayat penyakit serupa dilihat dari silsilah keluarga seperti ibu atau nenek mengalami gejala-gejala serupa. Penyakit kista baru dapat ditemukan setelah dilakukan USG, CT-Scan, MRI, ataupun pemeriksaan anatomi. Adapun untuk anda yang merasakan masalah kesehatan terutama kaitannya dengan alat reproduksi anda.

Leave a Reply