Waspadai Penyakit Kista bisa Menyebabkan Kemandulan

Anda sering mengeluh karena rasa nyeri di area perut hingga menjalar ke bagian perut bagian bawah. Mungkinkah anda sedang mengalami peregangan jaringan akibat pembesaran kista? Apa itu kista, bahayakah untuk kesehatan anda? Wajar jika anda bertanya tanya dengan hal tersebut. Apalagi banyak penyebaran mitos seputar kista di masyarakat yang belum mendapatkan penjelasan ilmiah. Di dalam artikel ini akan dibahas tentang kista sebagai penyakit yang selalu dihubung-hubungkan dengan kemandulan.

Benarkah kista menyebabkan kemandulan?
Kista yang dibiarkan tanpa penanganan medis akan berbahaya kepada kesehatan reproduksi wanita. Penyakit ini tidak pandang bulu menyerang siapa saja dalam kategori umur. Pada umumnya menyerang wanita dalam ketegori umur 20-30. Kista yang dibiarkan penyebarannya akan mengganggu kesehatan anda terutama pada sistem hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi anda. Jika dibiarkan berlarut-larut akan beresiko terserang kanker endometrial, tekanan darah tinggi, beresiko terserang diabetes dan kanker payudara.
Pada penderita yang sudah parah akan menimbulkan kemandulan, hal ini disebkan karena ketidakmampuan menyalurkan sel telur dengan baik. Selain itu, ada beberapa masalah lain yang menyebabkan wanita sulit mendapatkan momongan seperti adanya kegagalan ovulasi yang disebabkan karena pengangkatan kista yang dilakukan berulang-ulang. Operasi berulang-ulang akan menyebabkan ovarium rusak dan adanya infeksi pada folikel yang tidak matang.
Ada baiknya anda melakukan pencegahan dengan memperbaiki pola makan, sehingga anda bisa mengkonsumsi makanan sehat mengandung serat dan rendah lemak. Kandungan makanan dengan tinggi lemak akan menyebabkan terganggunya hormon anda. Menjaga psikologis, karena hormon tergantung pada tingkat kesehatan pikiran anda. Pencegahan selanjutnya dapat anda lakukan dengan menghindari rokok dan lakukan olahraga rutin. Dengan demikian penyakit kista, tidak menyerang anda. baca juga : obat kista alami

Berdasarkan keganasan penyebaran dan kerusakan kista dibagikan menjadi dua yaitu ;

Kista Non-neoplastik

  • Bersifat jinak
  • Benjolan mengepis dan hilang sendiri
  • Tidak memerlukan operasi karena biasanya dalam waktu 2-3 bulan dapat sembuh

Kista Neoplastik

  • Bersifat berbahaya
  • Memerlukan tindakan operasi
  • Operasi dilakukan sesuai dengan ukuran benjolan yang terdapat pada indung telur

Biasanya penderita kista mengalami riwayat penyakit serupa dilihat dari silsilah keluarga seperti ibu atau nenek mengalami gejala-gejala serupa. Penyakit kista baru dapat ditemukan setelah dilakukan USG, CT-Scan, MRI, ataupun pemeriksaan anatomi. Adapun untuk anda yang merasakan masalah kesehatan terutama kaitannya dengan alat reproduksi anda.

sumber : nhs.uk

Tips Mencegah Kanker Prostat

cegah kanker prostat

cegah kanker prostat

Seperti ada pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”, jadi tidak ada salahnya apabila anda mencegah kanker ini sebelum menyerang anda. Memang tidak ada kajian pasti untuk pencegahan kanker prostat, namun beberapa bukti menunjukkan jika makanan yang dikonsumsi sehari hari sangat memainkan peran yang penting terhadap pencegahan kanker ini. Berikut adalah tips tips dalam mencegah kanker prostat, antara lain:
1. Makan tomat dan makanan berwarna merah , warna merah pada buah adalah indikasi adanya kandungan antioksidan yang disebut likopen. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi produk tomat, termasuk saus, memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
2. Makan sayuran hijau, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Sayuran hijau mengandung senyawa yang dapat membantu tubuh dalam memecah zat penyebab kanker (karsinogen).
3. Makan ikan secara rutin, ikan laut mengandung asam lemak omega3 yang dapat membantu mengurangi risiko anda terkena kanker prostat. Omega-3 banyak ditemukan dalam ikan berlemak seperti ikan salmon, sarden, dan tuna. Penelitian dari UCLA (tahun 2011) menemukan bahwa makanan rendah lemak yang dikombinasikan dengan suplemen minyak ikan dapat memperlambat penyebaran sel kanker prostat.
4. Konsumsi tahu dan teh hijau, kandungan nutrisi isoflavon telah dikaitkan dengan penurunan resiko kanker prostat. Isoflavon banyak ditemukan pada tahu (dari kedelai), kacang tanah, dan lentil. selain itu, meminum teh hijau atau suplemen ekstrak teh hijau mengurangi resiko terkena kanker prostat.
5. Konsumsi lemak nabati, ganti lemak hewani dengan lemak nabati. Anda bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun, permen dengan buah, keripik kentang dengan sayuran segar, keju dengan kacang, dan lain sebagainya.
6. Berhenti Merokok, berdasar penelitian dari Harvard School of Public Health dan University of California menunjukkan bahwa pasien kanker prostat yang merokok, lebih rentan mengalami kekambuhan dan bahkan meninggal. Perokok juga memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, setiap penderita kanker prostat yang berhenti merokok selama lebih dari 10 tahun memiliki resiko kematian yang sama seperti mereka yang tidak pernah merokok.
7. Olahraga, menumpuknya lemak di bagian tengah tubuh anda dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Olahraga teratur dapat menjaga berat badan anda tetap ideal dan berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh anda. Berolahragalah secara rutin agar metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik. Pilih aktivitas yang ringan bagi anda seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang.
8. Lakukan Check Up dan konsultasi ke dokter, tanyakan kepada dokter anda secara detil tentang faktor risiko yang bisa mengembangkan kanker prostat. Dan apabila anda merasakan ketidaknyamanan di sekitar area panggul, kesulitan buang air kecil, dan adanya darah dalam urin anda, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter.
Tips tips di atas sangat mudah untuk dilakukan bukan? Semoga artikel ini dapat membuka pikiran dan menambah wawasan kita seputar pencegahan dan penyembuhan kanker prostat.

sumber : prostatecanceruk.org

Hal-Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Bagi Pengidap Kanker Otak

Penyakit kanker otak

Penyakit kanker otak

Ketika anda mendengar kata “Kanker Otak” mungkin dalam benak anda langsung terbayang penyakit yang mematikan dan tidak dapat disembuhkan dengan gejala-gejala kepala pusing, hidung mengeluarkan darah, hilangnya kesadaran, kebotakan rambut, hingga proses pengobatan yang memerlukan biaya tinggi. Kanker otak tidak hanya mengancam orang dewasa, anak balita dan remaja pun perlu waspada karena penyakit kanker merupakan penyakit genetik yang dapat diwariskan dari orang tuanya apabila pernah terkena kanker. Namun, alangkah baiknya apabila kita menjalankan prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati, dan bagi anda yang terdiagnosa mengalami gejala-gejala kanker otak tapi belum parah masih bisa disembuhkan apabila ditangani dengan tepat dan rutin melakukan pengecekan. Nah, disini akan dijelaskan apa saja yang memicu terjadi kanker otak dan bagaimana pencegahannya? Berikut ulasannya:

  1. Pengaruh Radiasi dan Panas dari alat Elektronik, di era yang semakin modern ini penggunaan ponsel dan smartphone sudah menjadi kebutuhan untuk berkomunikasi sehari-hari sehingga tentu setiap hari kita akan selalu dekat dengan benda ini, dan apabila kita melakukan hal tersebut secara terus menerus dalam waktu yang lama tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan karena paparan radiasi, jadi apabila menelepon menggunakan ponsel sebaiknya menggunakan handsfree agar kepala kita tidak terpapar radiasi dan panas dari sinyal ponsel kita.
  2. Pola makan yang tidak sehat dan tepat, pada umumnya orang yang menderita kanker tentu dianjurkan untuk mengadopsi pola hidup sehat salah satunya adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita karena itu sebisa mungkin hindari makanan yang bersifat karsinogenik seperti makanan yang diproses dengan cara digoreng/dibakar, junk food, berlemak, tinggi kolesterol, dan yang mengandung alkohol. Di sisi lain kita harus membangun pola makan yang teratur tiga kali sehari dan perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijaun dan buah-buahan mentah yang tinggi anti oksidan untuk melawan radikal bebas pemicu sel kanker di dalam tubuh kita.
  3. Kebiasaan Merokok dan Minum Soda/Alkohol, ini juga merupakan salah satu faktor utama penyebab berbagai macam penyakit di dalam tubuh kita bukan hanya kanker. Merokok tentu kita menghirup asap yang penuh CO2 dan Karsinogen yang membuat tubuh kita kekurangan oksigen serta komplikasi mematikan yang sangat besar dampaknya bagi tubuh kita. Minuman bersoda juga mengandung sangat banyak zat CO2, serta alkohol akan memicu tumbuhnya sel kanker karena mempengaruhi alam bawah sadar kita sehingga daya tahan tubuh akan menurun karena kekurangan oksigen. Apabila kedua hal tersebut sudah dilakukan bertahun-tahun tentu otak kita akan mengalami penyusutan dan kekurangan oksigen sehingga resiko terkena kanker otak sangat tinggi.
  4. Kurangnya Waktu Tidur, kurang tidur juga menyebabkan tubuh kita lelah dan kekurangan oksigen karena organ bekerja terus tanpa ada istirahat sehingga akan menyebabkan organ kita bekerja berat dan hal inilah yang menyebabkan munculnya sel kanker yang merusak di otak kita, mulai sekarang aturlah waktu tidur anda, dan jam berapa anda harus bangun, pola tidur yang teratur dan waktu yang cukup akan membuat daya tahan tubuh anda lebih kuat. Baca juga tentang obat herbal kanker otak yang alami.
  5. Stress berkepanjangan, ya inilah faktor pemicu segala penyakit yang timbul dari dalam tubuh kita, ketidakmampuan kita menghadapi kenyataan dan masalah hidup yang ada akan mempengaruhi empat hal di atas, masalah harus dihadapi dan diselesaikan bukan lari dari masalah atau malah melupakan sementara dengan bersenang-senang. Stress berada di alam bawah sadar dan itu diatur oleh otak kita, dan pasti dampaknya secara langsung ke otak kita, jadi selesaikanlah semua hal yang membuat anda stress dan anda akan terbebas dari segala macam penyakit yang mengancam

Jadi itulah beberapa hal sebaiknya anda lakukan, ubah gaya hidup anda mulai dari sekarang dan jagalah kesehatan otak anda, karena apabila sudah terlanjur parah maka sudah terlambat untuk melakukan hal diatas. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan anda tentang tindakan preventif untuk penyakit kanker otak.

Cara Mengatasi Biang Keringat dengan Mudah

biang keringat

biang keringat

Cara mengatasi biang keringat sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda tidak harus menggunakan salep atau obat-obatan yang mahal. Karena sebenarnya biang keringat adalah hal sepele yang bisa dibereskan dengan penanganan yang tepat. Sesuai dengan namanya, maka biang keringat pun muncul akibat dari keringat. Biang keringat sendiri merupakan ruam kecil berwarna merah yang menonjol dan terasa gatal, sehingga dapat menyebabkan rasa perih pada kulit. Biang keringat juga sering dikenal sebagai ruam panas atau miliaria. Biang keringat biasanya muncul setelah seseorang berada di daerah dengan suhu panas. Biang keringat biasanya muncul di bagian wajah, leher, paha, dada, dan punggu. Tentunya biang keringat bisa dialami berbagai pihak, mulai dari bayi hingga orang dewasa.
Mengatasi Biang Keringat
Sebelum lebih dalam membahas mengenai cara mengatasi biang keringat, berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis dari biang keringat. Pertama ada miliria kristalina yang merupakan jenis biang keringat paling ringan. Pada jenis yang ini, biang keringat hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Tanda dan gejala yang muncul berupa bintil bersisi carain berwarna jernih yang mudah pecah. Kondisi ini biasanya lebih banyak terjadi pada bayi dibandingkan pada orang dewasa. Biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.
Ada juga biang keringat bernama miliaria rubra. Pada jenis yang satu ini, biang keringat muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam. Biasanya dialami oleh orang yang berada pada suhu panas atau lembab. Tanda dan gejala dari kondisi ini adalah sensasi gatal yang menyengat dan disertai kemunculan bintil merah. Keringat juga akan berkuran pada bagian yang terpengaruh. Kulit akan mengalami inflamasi dan terasa sakit akibat dari biang keringat jenis ini. Selanjutnya ada miliaria pustulosa yang merupakan perkembangan dari miliaria rubra. Terakhir ada miliaria profunda yang dikenal sebagai jenis biang keringat yang paling jarang terjadi. Biang keringat jenis ini sangat berdampak pada dermis serta lapisan kulit yang lebih dalam. Sehingga termasuk kronis dan sering kambuh. Biasanya mudah terjadi pada orang dewasa yang sering melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi biang keringat yang bisa dilakukan.
Cara mengatasi biang keringat yang pertama adalah dengan menghindari panas berlebih serta tempat yang lembab. Pasalnya, udara panas akan membuat anda semakin sering berkeringat dan membuat ruam menjadi semakin parah. Lebih baik sering berteduh dan mencari tempat dingin untuk menghindari panas. Jangan lupa juga minum banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jangan lupa juga untuk menjaga kulit agar tetap dingin. Caranya bisa dengan berendam atau mandi sehingga dapat memmbuat tubuh terasa sejuk dan menghindari keringat berlebih.
Selanjutnya, cobalah untuk menghindari pakaian yang longgar. Hal ini menjadi cara mengatasi biang keringat yang wajib untuk dilakukan. Selain itu sebaiknya hindari juga pakaian yang terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau nilon. Bahan-bahan tersebut mudah menyerap panas sehingga akan membuat anda semakin banyak berkeringat. Ketika biang keringat menyerang, anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi obat-obatan. Obat yang dikonsumsi adalah yang mengandung antihistamin yang dapat meredakan gatal-gatal pada kulit. Tetapi sebaiknya jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu kepada dokter mengenai kecocokan obat ini dengan biang keringat yang dialami. Agar tidak menimbulkan efek samping yang lainnya.
Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, biang keringat juga dapat diatasi dengan menggunakan krim. Khususnya krim hidrokortison. Krim ini sangat efektif dalam mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal dan iritasi. Tetapi sebaiknya tidak digunakan pada bagian wajah dan tetaplah mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Selain penggunaan krim, penggunaan lotion juga dapat dilakukan. Khususnya losion yang mengandung calamine. Lotion ini cukup mudah ditemukan dan bisa dibeli secara bebas di toko-toko obat terdekat untuk membantu meredakan kulit yang sakit atau mengalami iritasi akibat biang keringat. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan biang keringat. Semoga cara mengatasi biang keringat yang disebutkan sebelumnya dapat berguna bagi anda.

sumber : www.webmd.boots.com

Cara Menyembuhkan Diare dengan Sederhana

diare

diare

Pada dasarnya, cara menyembuhkan diare bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Diare merupakan jenis penyakit yang bisa menimpa siapa saja. Sehingga kita harus selalu waspada dan berhati-hati. Diare sendiri merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan perubahan feses yang menjadi lembek atau cair. Penderita diare cenderung bolak-balik ke toilet terus paling tidak tiga kali dalam sehari. Rasa ingin terus buang air besar akan dialami oleh penderita diare. Dan karena yang dikeluarkan dalam bentuk cair atau lembek, tidak jarang ada penderita diare yang terkena dehidrasi. Tentunya agar tidak semakin parah, diare harus segera diatasi. Berikut ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan ketika seseorang terkena diare.

Mengatasi Diare dengan Mudah
Ketika diare masih ada dalam tahap ringan, memang lebih baik menggunakan cara menyembuhkan diare yang sederhana dan aman terlebih dahulu. Agar diare tidak sampai berubah menjadi akut dan bertambah kronis. Jika sudah akut, penderita diare harus dirawat di rumah sakit. Pertolongan pertama pada diare yang mungkin sudah diketahui banyak orang adalah dengan mengkonsumsi oralit. Oralit merupakan cairan khusus yang digunakan untuk meredakan dan mengurangi cairan dalam feses penderita diare. Anda bisa membuat oralit sendiri di rumah. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam pada 1 liter air matang. Lalu tambahkan 8 sendok teh gula. Kemudian campur bahan hingga larut. Minum cairan oralit secara teratur sebanyak 3 atau 4 kali sehari.

Diare juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi air dengan elektrolit. Zat elektrolit dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan. Produk air elektrolit sudah cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Misalnya di minimarket atau swalayan besar. Ada lagi cara menyembuhkan diare yang mudah, yaitu dengan makan sering tapi lambat. Jadi penderita diare sebaiknya makan dengan porsi sedikit tapi sering dengan frekuensi yang sedikit tetapi tidak terlalu cepat. Makanan dikunyah hingga lembut. Makanan yang dimakan dengan cepat justru membuat diare menjadi semakin parah. Selain itu, jangan makan sembarangan agar tidak mengakibatkan diare. Mulailah gaya hidup yang sehat.

Masih ada lagi cara menyembuhkan diare secara sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan yogur. Dengan makan yogurt, maka makanan yang dimakan bisa cepat dikeluarkan kembali. Bakteri dan virus yang menyebabkan diare pun bisa ikut mati. Yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Penderita diare juga tidak boleh melupakan istirahat. Jika perut terasa sangat sakit, maka untuk menghilangkan dan meredakan rasa sakit bisa digunakan kompresan air hangat. Sambil berbaring, kompreslah perut dengan menggunakan air hangat.

Cobalah juga cara menyembuhkan diare dengan menggunakan kaldu dan garam. Caranya yaitu, air kaldu dicampur bersama dengan garam. Lalu diaduk hingga merata. Sebelum diminum, jangan lupa untuk menghirup aroma kaldu dalam-dalam. Diare sebenarnya juga dapat diatasi dengan obat-obatan kimia, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Anda bisa mencoba mengatasi diare dengan minum rebusan daun jambu. Daun jambu memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengurangi cairan pada feses. Rebus 15 lembar daun jambu yang telah dicuci bersih, bersama dengan satu sendok teh garam menggunakan setengah liter air besih. Daun jambu direbus hingga air tersisa setengahnya. Selain itu, ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ketika diare. Misalnya seperti olahan susu kecuali yogurt, makanan berminyak, makanan atau minuman berkafein, makanan dengan kandungan gula tinggi, dan makanan asam.

Cobalah juga untuk minum teh chamomile. Minuman yang satu ini memiliki kandungan flavonoid yang dipercaya dapat mengatasi serta mengurangi cairan dalam feses penderita diare. Selain itu, sereal yang terbuat dari tepung tapioka juga cocok untuk diberikan kepada penderita diare. Adapun makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diare misalnya seperti kentang rebus, wortel rebus, bubur tanpa santan, roti panggang, pisang rebus, dan ayam giling. Blueberry juga dianjurkan untuk penderita diare. Selain buahnya, akar blueberry juga ampuh dalam mengatasi diare. Cara menyembuhkan diare dengan akar blueberry yaitu, akar blueberry yang telah kering direbus bersama dengan air dan garam, kemudian air rebusanya diminum.