Gejala penyakit miom

Gejala Penyakit miom – Miom merupakan suatu benjolan yang mengalami pertumbuhan di dalam atau pun dapat berada di sekitar rahim. Miom ini tidak bersifat ganas atau pun tidak dapat menjadi penyakit kanker. Miom sendiri berasal dari sel sel yang terdapat pada dinding rahim yang berkembang secara abnormal, sehingga dapat merusak rahim. Pertumbuhan yang abnormal dari sel sel ini lah yang nantinya akan membentuk tumor jinak.

Hasil penelitian menyatakan bahwa, terdapat sekitar 75 persen wanita pernah memiliki miom di dalam tubuhnya. Namun mirisnya lagi wanita yang menderita miom tersebut tidak mengetahui sama sekali kalau di dalam rahimnya terdapat miom, hal ini memang dikarenakan pada awal pertumbuhan miom tidak membuat perubahanyang signifikan bagi tubuh. Untuk mengatasi nya kita harus benar benar memperhatikan gejala gejala yang terjadi pada penderita miom. Beriku adalah gejala gejala yang perlu di waspadai:

  • Pada saat menstruasi akan terasa sakit bahkan teramat sakit.
  • Pada bagian perut bawah dan punggung akan terasa sakit dan nyeri.
  • Timbul rasa tidak nyaman, bahkan hingga sakit pada saat berhubungan badan.
  • Intensitas buang air kecil meningkat..
  • Mengalami konstipasi.
  • Dapat terjadi keguguran, mengalami kemandulan, atau bermasalah pada masa kehamilan, meskipun hal ini jarang terjadi namun perlu diwaspadai.

Itu lah beberapa gejala yang wajib diketahui oleh kaum wanita, namun kaum pria pun harus mengetahui nya untuk menjaga istrinya agar terhindar dari penyakit tersebut. Apa bila anda mengalami gejala gejala di atas maka segera periksakan kondisi anda ke dokter terdekat agar dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Penyebab miom

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti muncul nya miom, namun yang diketahui berasal dari hormon estrogen. Biasanya miom muncul pada usia antara 30 hingga 50 tahun. Dan setelah mengalami masa menopause maka miom akan menyusut dengan sendirinya karena terjadi penurunan kadar estrogen dalam tubuh.

Miom lebih sering muncul pada wanita dengan berat badan berlebih atau yang mengalami obesitas. Dengan mengalami peningkatan pada berat badan, maka produksi hormon estrogen di dalam tubuh pun akan meningkat. Selain itu faktor obesitas, faktor keturunan juga dapat berpengaruh bagi pertumbuhan miom. Wanita dengan ibu dan saudara perempuan yang pernah mengalami miom akan memiliki resiko lebih besar mengidap penyakit yang sama.

Baca artikel menarik seputar obat herbal miom.

Itu lah beberapa gejala gejala yang perlu diketahui oleh anda semua, dengan mengetahuinya anda bisa dengan cepat melakukan antisipasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Leave a Reply