Cara Menyembuhkan Diare dengan Sederhana

diare

diare

Pada dasarnya, cara menyembuhkan diare bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Diare merupakan jenis penyakit yang bisa menimpa siapa saja. Sehingga kita harus selalu waspada dan berhati-hati. Diare sendiri merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan perubahan feses yang menjadi lembek atau cair.

Penderita diare cenderung bolak-balik ke toilet terus paling tidak tiga kali dalam sehari. Rasa ingin terus buang air besar akan dialami oleh penderita diare. Lalu karena yang dikeluarkan dalam bentuk cair atau lembek, tidak jarang ada penderita diare yang terkena dehidrasi. Tentunya agar tidak semakin parah, diare harus segera diatasi. Berikut ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan ketika seseorang terkena diare.

Mengatasi Diare dengan Mudah
Ketika diare masih ada dalam tahap ringan, memang lebih baik menggunakan cara menyembuhkan diare yang sederhana dan aman terlebih dahulu. Agar diare tidak sampai berubah menjadi akut dan bertambah kronis. Jika sudah akut, penderita diare harus dirawat di rumah sakit.

Pertolongan pertama pada diare yang mungkin sudah diketahui banyak orang adalah dengan mengkonsumsi oralit. Oralit merupakan cairan khusus yang digunakan untuk meredakan dan mengurangi cairan dalam feses penderita diare. Anda bisa membuat oralit sendiri di rumah. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam pada 1 liter air matang. Lalu tambahkan 8 sendok teh gula. Kemudian campur bahan hingga larut. Minum cairan oralit secara teratur sebanyak 3 atau 4 kali sehari.

Diare juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi air dengan elektrolit. Zat elektrolit dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan. Produk air elektrolit sudah cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Misalnya di minimarket atau swalayan besar.

Ada lagi cara menyembuhkan diare yang mudah, yaitu dengan makan sering tapi lambat. Jadi penderita diare sebaiknya makan dengan porsi sedikit tapi sering dengan frekuensi yang sedikit tetapi tidak terlalu cepat. Makanan dikunyah hingga lembut. Makanan yang dimakan dengan cepat justru membuat diare menjadi semakin parah. Selain itu, jangan makan sembarangan agar tidak mengakibatkan diare. Mulailah gaya hidup yang sehat.

Masih ada lagi cara menyembuhkan diare secara sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggunakan yogur. Dengan makan yogurt, maka makanan yang dimakan bisa cepat dikeluarkan kembali. Bakteri dan virus yang menyebabkan diare pun bisa ikut mati.

Yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Penderita diare juga tidak boleh melupakan istirahat. Jika perut terasa sangat sakit, maka untuk menghilangkan dan meredakan rasa sakit bisa digunakan kompresan air hangat. Sambil berbaring, kompreslah perut dengan menggunakan air hangat.

Cobalah juga cara menyembuhkan diare dengan menggunakan kaldu dan garam. Caranya yaitu, air kaldu dicampur bersama dengan garam. Lalu diaduk hingga merata. Sebelum diminum, jangan lupa untuk menghirup aroma kaldu dalam-dalam. Diare sebenarnya juga dapat diatasi dengan obat obatan kimia, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Anda bisa mencoba mengatasi diare dengan minum rebusan daun jambu.

Daun jambu memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengurangi cairan pada feses. Rebus 15 lembar daun jambu yang telah dicuci bersih, bersama dengan satu sendok teh garam menggunakan setengah liter air besih. Daun jambu direbus hingga air tersisa setengahnya. Selain itu, ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ketika diare. Misalnya seperti olahan susu kecuali yogurt, makanan berminyak, makanan atau minuman berkafein, makanan dengan kandungan gula tinggi, dan makanan asam.

Cobalah juga untuk minum teh chamomile. Minuman yang satu ini memiliki kandungan flavonoid yang dipercaya dapat mengatasi serta mengurangi cairan dalam feses penderita diare. Selain itu, sereal yang terbuat dari tepung tapioka juga cocok untuk diberikan kepada penderita diare.

Adapun makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diare misalnya seperti kentang rebus, wortel rebus, bubur tanpa santan, roti panggang, pisang rebus, dan ayam giling. Blueberry juga dianjurkan untuk penderita diare. Selain buahnya, akar blueberry juga ampuh dalam mengatasi diare. Cara menyembuhkan diare dengan akar blueberry yaitu, akar blueberry yang telah kering direbus bersama dengan air dan garam, kemudian air rebusanya diminum.

Leave a Reply